Pelatihan Tes Potensi Akademik

SEMUA BERITA

Tes Potensi Akademik (TPA) merupakan serangkaian tes yang digunakan untuk berbagai hal, seperti syarat masuk perguruan tinggi, syarat melamar pekerjaan di perusahaan swasta, BUMN, dan instansi pemerintah, syarat mendapatkan beasiswa kuliah lanjutan, dll. TPA menyerupai GRE (Graduate Record Examination) dalam dunia internasional. Tujuan dari TPA itu sendiri adalah untuk mengukur tingkat kecerdasan (intelektual) seseorang yang berkaitan dengan objek verbal (kata), numerikal (angka), dan figural (gambar). Meskipun pertanyaan dalam TPA terkesan sederhana, banyak orang justru gagal dalam tes ini. Oleh karena itu, dibutuhkan trik khusus untuk dapat menjawab semua pertanyaan dengan tepat sesuai waktu yang telah disediakan.

Bagi mahasiswa khususnya yang telah masuk tahap penyelesaian studi, kemampuan dalam penyelesaian soal-soal TPA merupakan hal yang sangat penting. Jika telah menyelesaikan studi Sarjana (S1) dan berkeinginan untuk mengikuti seleksi CPNS, karyawan swasta, beasiswa Magister (S2) dan lain sebagainya maka harus melewati tahap TPA. Untuk bisa lulus TPA, dibutuhkan kemampuan menjawab dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu, seseorang yang mengikuti TPA adalah orang yang benar-benar telah siap berkompetisi dengan ribuan orang yang mungkin juga memiliki kemampuan yang selevel dan bahkan lebih dari kemampuan yang kita miliki.

Salah satu bidang soal dalam TPA adalah numerikal, yakni bidang soal yang berfungsi untuk mengukur kecerdasan seseorang dalam bidang angka. Tes ini akan mengukur seberapa kita berpikir terstruktur dan logis matematis. Bidang soal ini menjadi dilema dari banyak orang yang telah mengikuti TPA. Seseorang yang memiliki intelegensi rata-rata dan memiliki trik-trik dalam menjawab maka dialah yang akan lulus dalam tes ini. Sebaliknya, mereka yang tidak mengenal dan tidak pula berupaya mempelajari trik-trik dalam menjawab maka akan gagal melewati tes ini.

Sebagai bentuk dukungan kepada peningkatan kompotensi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo dalam menghadapi dunia kerja atau karir pendidikan, maka Fakultas Pertanian akan mengadakan pelatihan persiapan menghadapi tes TPA kepada mahasiswa tahap akhir di Fakultas Pertanian. Pelatihan tersebut dimotori oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Bapak Dr. Laode Afa, S.P., M.Si. Materi pelatihan difokuskan pada bidang soal numerikal, karena bidang soal inilah yang dianggap memiliki tingkat kesulitan yang lebih dari bidang soal lainnya.

Pelatihan ini akan dilakukan secara virtual dengan menghadirkan dua pemateri yakni Bapak Dr. Al Azhari Masta, M.Si (Dosen dan Konsultasn Bidang Matematika Universitas Pendidikan Indonesia) dan Bapak Dr. Muhammad Kabil Djafar, S.T., M.Si. (Dosen Matematika Analisis FMIPA Universitas Hau Oleo). Kedua pemateri ini adalah orang yang sangat berkompeten dibidang matematika dan memiliki pengalaman yang cukup dalam pembimbingan TPA khususnya dibidang soal numerikal.

Bagi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo yang berminat mengikuti pelatihan tersebut dapat mendaftarkan diri dan mengisi formulir pendaftaran di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *