Diskusi Akademik Fakultas Pertanian UHO

SEMUA BERITA

Dalam upaya mensinergikan program dan kegiatan antara pengelola Fakultas Pertanian (FP) dengan lembaga kemahasiswaan lingkup FP UHO,  maka pimpinan FP Prof. R. Marsuki Iswandi bersama Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. La Ode Alwi dan Koordinator Unit Jaminan Mutu dan Sistem Informasi mengadakan pertemuan secara terbatas sesuai protokol penangan Covid-19. Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas hal-hal penting yang harus dilakukan secara kolektif guna mewujudkan tujuan bersama. Pertemuan ini juga dihadiri oleh pengurus lembaga kemhasiswaan lingkup FP yakni ketua Badan Eksekutif Mahasiswa, ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa, dan para ketua Himpunan Jurusan.

Dalam Sambutan singkatnya, Dekan FP Prof. R. Marsuki Iswandi menyampaikan bahwa pengelola FP harus bekerjasama dengan lembaga kemahasiswaan dengan asas ‘simbiosis mutualisme”. Artinya, FP akan bekerja semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dan alumni sehingga para alumni tidak sulit menemukan pekerjaan yang layak. Sebaliknya, mahasiswa juga harus lebih kreatif melalui lembaga kemahasiswaan untuk berinovasi melahirkan karya-karya terbaik untuk kejayaan FP. Pimpinan FP sangat mengapresiasi kehadiran para pengurus lembaga kemahasiswaan dalam kegiatan diskusi ini, karena menurutnya visi dan misi FP ataupun lembaga kemahasiswa hanya akan terwujud dengan komitmen bersama yang dibangun melalui proses diskusi rutin.

Selama acara berlangsung, banyak masukan-masukan sekaligus kritikan kinerja FP UHO dari para mahasiswa yang mewakili lembaga masing-masing. Masukan dan kritikan tersebut menjadi spirit terutama bagi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. La Ode Alwi. Menyikapi hal tersebut, Dr. La Ode Alwi menyampaikan bahwa Mulai saat ini, Pengelola FP akan berupaya semaksimal mungkin untuk menghidupkan lembaga kemahasiswaan dan meningkatkan kinerjanya melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler sehingga nantinya akan menjadi bekal bagi mahasiswa ketika telah menjadi alumni. Menurut Dr. La Ode Alwi, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa diantaranya yakni pelatihan penulisan karya ilmiah, lombaga karya ilmiah, Diskusi Ilmiah, Diskusi Tematik, Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah, serta keterlibatan dalam event nasional ataupun internasional. Dalam diskusi ini, Dr. La Ode Alwi juga menyampaikan bahwa beliau membuka ruang seluas-luasnya bagi semua mahasiswa untuk menyampaikan aspirasinya melalui program “Anda Bertanya Kami Menjawab”. Melalui program ini, mahasiswa dapat meyampaikan apa saja unek-unek yang penting untuk membangun institusi. Tentunya, proses penyampaiannya unek-unek tersebut juga harus dilakukan dengan etika yang baik, pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *